Jumat, 20 April 2012

carce permata di bali

 
Ada beberapa cara untuk memilih permata yang anda suka dan bisa membawa khasiat tertentu.Salah satunya dengan panduan para penggemar permata atau yang ahli dalam bidangnya….MUNGKIN DENGAN SEDIKIT TULISAN INI BISA MENUNTUN ANDA UNTUK MEMILIH PERMATA YANG ANDA SUKA….NAMUN ANDA TETAP HARUS MEMINTA PENDAPAT PADA TEMAN YANG MENGERTI PERMATA KARNA CATATAN KECIL INI CUMA MENGGAMBARKAN CIRI CIRI LEWAT  TULISAN. CATATAN KECIL INI CUMA MENGGAMBARKAN SEBAGIAN KECIL DARI KERAGAMAN PERMATA..!!! Di Bali permata sangat dihargai sekali sebagai bagian dari kehidupan umat HINDU.Karena permata adalah salah satu sarana untuk upacara tertentu.Disini saya tidak mengulas detail untuk upacara apa saja permata digunakan.Saya lebih fokus mengulas sedikit tentang ciri,fungsi , kegunaan dan nama yang diberikan oleh masyaraka Bali.

·                      NAMA MIRAH DELIMA ( RUBY / CORRUDUM ) VERSI MASYARAKAT BALI:

*MENJANGAN BANG : cirinya mirah ini berwarna merah kuning keemasan.Warna kuningnya cenderung terlihat jelas walaupun tidak terkena sinar matahari. Star mirah ini kuning keemasan redup ( neon ).Ada juga yang star bintang enam.Menurut keyakinan mirah ini bermanfaat untuk penghuni daerah Selatan.Mampu menguasai beraneka macam ilmu dan mengamalkan dharma yang mulia. (Madagaskar,Birma,Mozambik,)

*NILA PANGKAJA : cirinya mirah ini merah seperti warna buah delima namun ada warna agak dadu kehitaman.Menurut keyakinan mirah ini adalah untuk pengikat kesetiaan suami istri.Baik untuk dipakai sebagai pengikat keluarga.Pembawa rejeki dan kemuliaan .    (Madagaskar,Mozambik,Myanmar)
      
*BUBUR BANG SINANTEN :cirinya mirah ini warna merah lembut agak keungu-an. Mirah ini baik dipakai oleh siapa saja.Pemakai mirah ini biasanya akan banyak memiliki teman dan sahabat yang siap membantunya disaat kesusahan.Mirah ini membawa energy yang mampu membuat pemakainya memiliki rasa kepercayaan diri yang sangat kuat.     (Madagaskar,Mozambik,India)

*BANG NETRA :ciri mirah ini warna merahnya biji buah delima…merah agak ke unguan,sedikit ada warna kuningnya, gelap kehitaman,namun nyaman di pandang dan tidak membosankan ..Aura mirah ini adalah membawa kebahagiaan bagi  keluarga dan orang disekitarnya.Kemuliaan akan datang bagi pemilik mirah ini bila sering digunakan memuja Sang Hyang Tri Sakti (Madagaskar,mozambik,Myanmar ) 
 
*WINDU SARE  : ciri mirah ini warna merahnya seperti biji buah delima..berbayang agak ungu muda. Ada juga yang warnanya merah tua.Ciri yang paling menonjol mirah ini ditengah warna merah ada titik putih kecil..Mirah ini baik dipakai siapa saja.Gunanya untuk seisi penghuni wilayah dan terdorong untuk melaksanakan dharma yang sangat mulia,menuju alam moksa dan rukun dalam keluarga.Bisa dipakai monmon untuk orang yang meninggal ( di umat HINDU )..     (Myanmar ,Madagaskar)

*WINDU SARE : cirri mirah ini berwarna dua…merah muda dan putih…sering di sebut juga mirah belang. Mirah inipun termasuk windu sare. Karena melambangkan keberanian dan kesucian. Pemilik mirah ini akan memiliki energy yang sangat kuat untuk membela sesama yang tertindas. Mendorong sifat kebenaran di hati pemiliknya…dan menguatkan jiwa dharmanya. Bisa di pakai monmon orang yang telah meninggal ( di HINDU ). Biasanya berasal dari Myanmar, Madagaskar,Mozambik.
                                         
*PADMA AGUNG : ciri mirah ini warna merahnya agak pekat nyaris kehitaman.Ada titik putih keperakan  atau berwarna merah  muda berbentuk segitiga di tengah.Biasanya sternya neon.Mirah ini sangat bagus dipakai oleh pasangan suami istri untuk peleburan jiwa yang kotor.Dan sangat baik untuk di pakai menyembah Ida Batara Guru dan Ida Betara Kawitan.       (Madagaskar,Mozambik,Myanmar)

*MIRAH ADI/MIRAH MAWAR : mirah ini warnanya merahnya bunga mawar nyaris mendekati warna merahnya darah.Biasanya ada warna hitam…dan mirah ini kristal.Urat padmanya sangat halus.Mirah ini sangat baik untuk semua orang .Energi positif mirah ini akan muncul saat pemiliknya berbicara di hadapan banyak orang membawa kewibawaan ,mampu membuat pemakainya memiliki keberanian dan rasa percaya diri tinggi. (Madagaskar,Mozambik,India dan Myanmar )

*RATNA BANG KAJA : mirah ini warnanya merah seperti warna buah delima ungu,dan ciri khasnya sternya berwarna merah muda terang (.Ster mirah ini neon ).Kadang ada juga yang ster bintang. Fungsi mirah ini sangat bagus untuk wilayah Utara. Baik buat para pedagang untuk mengembangkan usaha dagang pemilik mirah ini. Mirah ini sangat cocok untuk semua orang yang menekuni  segala usaha yang penuh tantangan dan persaingan.    (Madagaskar,Mozambik,Birma)

*MIRAH KECUBUNG KASIHAN : mirah ini warnanya merah keunguan.Ster bintang enamnya tajam.Namun ada juga yang sternya neon. Dominan warna ungu yang paling kuat. Menurut keyakinan mirah ini adalah untuk pengasih dan pelidung . Pancaran daya pengasih dan pelindungnya akan semakin  kuat bila mirah ini di pakai selalu memuja Sang Hyang Prajapati dan Sang Hyang Rambut Sedana.  (,Madagaskar,Myanmar,Mozambik)

*RUKMARATA : mirah ini kadang ada yang berwarna merah muda,merah darah,atau bisa juga berwarna merah putih.Mirah ini beningnya seperti air. Namun ciri yang paling menonjol dari mirah ini saat direndam dalam gelas transparan warna air akan berubah menjadi kemerahan. Bila mirah dikeluarkan dari dalam gelas,… air akan kembali seperti semula…tidak berwarna. Mirah ini adalah mirah yang paling sulit dicari…dan bila di temukan pun biasanya tidak akan di jual oleh pemiliknya.Mirah delima ini yang paling mulia. Fungsi mirah ini sangat luar biasa…….. kemuliaan dan kekuasaan ada dalam genggaman pemiliknya. Pemilik mirah ini tak terkalahkan, kebal senjata buatan manusia dan buatan alam gaib. Membawa rejeki dan kemuliaan.Dihormati dan disegani  kawan maupun lawan.Mirah ini membawa energi  kedamaiaan sejauh pemiliknya memandang hidup dengan kebenaran dan memiliki rasa kemanusiaan tinggi. Hidup pemilik mirah ini akan seperti seorang raja kecil,… mirah RUKMARATA ini baik dipakai oleh siapa saja..

*MIRAH BRUMBUN : ciri mirah ini adalah warnannya beragam, merah,hijau,kuning, hitam,putih,abu.Steernya ada yang bintang enam dan ada juga yang ster neon. Fungsi mirah ini adalah untuk menentramkan dan membawa yoni kedamaian bagi keluarga besar pemilik mirah itu. Kebahagiaan dan ketentraman lahir batin selalu menyelimuti pemilik mirah. Mirah ini membawa keberuntunga dan rejeki bagi pemiliknya.  ( Madagaskar.Mozambik,Myanmar )

*MIRAH TELAGA NGEMBENG: ciri Mirah ini warnanya ada yang merah muda,merah darah, hitam ataupun kuning bahkan ada juga yang berwarna ungu.Ciri yang paling jelas dari mirah ini   ada kesan inklusin yang ditengahnya terbentuk seolah ada lobang  yang gelap menembus mirah ini. Biasanya kesan inclusion gelap ini sangat nyata terlihat dengan mata telanjang.Fungsi mirah ini sangat baik untuk suami istri yang belum dikaruniai anak.Bahkan untuk para pedagang mirah ini sangat bagus dipakai sarana untuk ditempatkan di tempat pemujaan Betara Rambut Sedana.Bagi para pedagang mirah seperti ini bagus di pakai buat membangunkan aura rejeki. , bila penekun spiritual luar biasa buat di pakai meditasi atau pun memuja Ida Sang Hyang Widi ..karena energi pencerahan akan sangat mudah kita terima.
      (Birma,Madagaskar,Mozambik)

                                                BLUE  SAFIR ( SAFIR BIRU )

*INDRA NILA : ciri safir ini warnanya biru langit.Serat ( inclusion ) bulu ayamnya tampak jelas.Sepintas bila di bolak balik warnanya agak kemerahan.Steernya berwarna kuning keemasan. Safir ini sangat mahal dan langka.Karena saking langkanya harganya bisa mencapai ratusan juta. Fungsi safir ini : sangat bagus dipakai seorang pemimpin.Pengaruhnya luar biasa untuk orang disekitarnya.Manusia hormat dan kasih pada pemiliknya.Para penguasa alam gaibpun sangat mengasihi dan hormat  karna pemilik safir ini dianggap raja oleh mereka..Pemilik safir ini akan selalu dalam kemuliaan dan perlindungan.

*NILA PANGKAJA :  ciri safir ini warnanya biru,bila kena sinar matahari akan terlihat agak keabuan.Serat bulu ayamnya (inclusin) jelas terlihat nyata.Steer bintang enamnya terang.Energi safir ini baik di pakai untuk mencari teman.Akan muncul rasa saling menghormati bagi pemakainya.Kesombongan pada diri sendiri akan lenyap perlahan.

*INDRA DANTA : ciri safir ini warnanya biru tua..agak orange saat terkena sinar matahari.Safir ini urat padmanya jelas.Sangat rapi  dan halus.Ster bintangnya sangat tajam dan terang.Safir ini sangat baik dipakai oleh siapa saja ,energy positifnya akan menumbuhkan dan memancarkan rasa welas asih,kewibawaan dan kemuliaan.

*INDRA NILA : ciri safir ini warnanya biru dan ada warna kuningnya.Urat bulu ayamnya ada,biasanya sternya redup (Steer neon ).Kadang ada juga yang steernya bintang enam.Namun harganya mahal.Kegunaan safir ini baik dipakai pemiliknya untuk menyelesaikan sebuah masalah.Energi positif safir ini membantu menenangkan hati dan jiwa pemakainya.Menjaga ketentraman keluarga.

                                          BLACK SAFIR     (BANGSING KALAU DI BALI )

*KRESNA DANA  : ciri black safir(BANGSING) ini warnanya hitam ,urat bulu ayamnya sangat jelas.Bangsing ini memiliki warna hijau,biru dan oranye keemasan.Ciri khasnya salah satu kaki starnya harus ada warna pelangi bila terkena sinar matahari dan kaki steernya berjumlah 6 atau 12….kadang ada yang yang steernya biru dan putih keemasan.Kegunaan bangsing ini  sangat bagus untuk para pemimpin dan para tokoh masyarakat.Baik untuk dipakai saat berderma dengan sesama atau pada bawahan,karna pahalanya akan berlipat ganda... Mencapai dan meraih tujuan tak terkalahkan. Safir ini baik di pakai di daerah Utara.

*KRESNA DANA : ciri safir hitam ini warnanya hitam pekat agak opak .Biasanya ada garis melintang tak beraturan seperti bulu ayam.Steer bintangnya sangat tajam dan terang menyilaukan mata.Biasanya kaki steernya hanya 6 .Safir ini  baik digunakan untuk mencari teman dan sahabat.Energi safir ini membantu pemakainya untuk  mampu beradaptasi dengan lingkungan baru.Baik juga dipakai untuk para pelakon bisnis yang sering bertemu dengan relasi baru..memudahkan yang sulit menjadi mudah.

*PARTHA WIJAYA : ciri safir hitam ( bangsing ) ini warnanya hitam kebiruan dan hijau .Warna birunya yang paling mendominasi terlihat.Steer nya berwarna biru  dan putih.Kaki steer nya berjumlah 12...Safir hitam ini cocok di pakai para tokoh spiritual,pemuka agama,bangsawan dan pejabat negara.Energi yang  terpancar keluar dari safir ini membawa kesejukan bagi orang di sekitarnya.Wibawa dan kharisma terpancar keluar dirasakan oleh orang disekitarnya dan juga memudahkan rejeki bagi pemiliknya.

*KRESNA  WULUNG : ciri safir hitam ini warnanya hitam pekat…ada warna kuningnya samar. Namun saat terkena sinar matahari star bintangnya berwarna kuning emas kemerahan.Warna kuningnya tak terlihat kalau tidak terkena sinar matahari.Safir ini juga biasa disebut GOLDEN SAFIR. .Safir hitam ini sangat baik dipakai oleh para pejabat negara atau yang memegang kendali pemerintahan.Energi positifnya membantu untuk menuntun mengambil sebuah keputusan yang sangat sulit agar tidak menimbulkan dampak negatif pada pemakainya dan mengambil sebuah kebijakan untuk semua orang.Sifat safir ini menuntun pemakainya menjadi arif dan bijaksana.

*WIDURI WULUNG : ciri safir hitam ini pekat.Namun ciri khasnya adalah bulu ayamnya ada yang berbentuk titik besar berwana putih (Bila di BALI disebut meketel putih ).star bintangnya terang berkaki  6 .Fungsi utama nya baik untuk mencari teman.Menjaga hati agar tetap punya rasa damai.

*NAGA SATRU : ciri safir hitam ini hitam pekat berwarna hijau kebiruan,kadang ada warna merahnya juga.CIRI yang paling menonjol dari safir ini bila diperhatikan bayangan didepannya akan terlihat terbalik..kalau di Bali dibilang Nyungsang.Sternya neon,tapi ada juga yang tajam berbintang enam.Harga safir ini  relative lumayan mahal.Fungsinya baik untuk semua orang.Baik dipakai sebagai pelidung dari serangan ilmu gaib dan sihir.

*JAGA SATRU : ciri safir hitam ini warnanya hitam kehijauan…dan ada warna kuning seperti warna emas.Ciri khususnya sternya berjumlah lima titik beriringan. Biasanya di sebut ster kembar lima.Safir hitam ini sangat langka…dan jelas harganya mahal.Safir ini baik dipakai siapa saja. Namun baik juga dipakai para tokoh spiritual dan tokoh agama...Sebagai pegangan untuk meningkatkan yoni spritual pemakainya…juga untuk menangkis serangan ilmu gaib dan sihir.

*IJO MANTEN : ciri safir ini hitam kehijauan.Saat terkena sinar matahari warna safir ini cenderung hijau daun.Biasanya starnya Cuma ster neon ( jarang yang starnya tajam ).....Fungsi safir ini baik untuk berdagang.Cocok untuk pedagang dan pengusaha.Energi positifnya selalu menuntun pemilk safir ini belajar melihat sesuatu dengan perhitungan yang akurat dan tepat. 

*SURYA CANDRA :  ciri safir ini warnanya hitam kehijauan.Ciri khas safir ini saat terkena sinar matahari sternya beriringan kembar dua (2).Safir ini baik dipakai oleh siapa saja..Baik dipakai saat bepergian jauh ,selalu mengingatkan pemakainya untuk berhati hati dalam perjalanan.Sangat baik di pakai memuja Ida Betara Tri Sakti.

*IPASARI SIWA SEKALA : ciri safir ini warnanya hitam kebiruan,bercampur warna hijau muda.Sternya bintang  berkaki enam berwarana kuning emas.Fungsi permata ini baik dipakai oleh siapa saja..Pelindung diri,Hyang Widi asih,manusia asih..

                             CEMPAKA PUTIH dan CEMPAKA KUNING ( white safir dan yellow safir )


*RATNA CEMPAKA : ciri safir ini warnanya kuning merah..bercampur  warna putih.Saat terkena sinar matahari safir ini akan terlihat berwarna kuning kemerahan...safir terbaik adalah yang kristal.Ster safir ini biasanya neon.Kadang ada juga yang tajam seperti star bintang( harganya mahal ).Safir ini baik sekali dipakai oleh  semua golongan.baik penekun spiritual,tokoh agama,maupun seorang pedagang.Baik sekali di pakai untuk meditasi dan mohon energy  Tuhan.

*KRESNA : ciri safir ini warnanya kuning kehijauan...Star bintangnya biasanya star neon.Safir ini sangat cocok dipakai para pedagang keliling.Kepercayaan diri pemakainya akan tumbuh kuat bila selalu menatap safir kuning ini.

*PADMA KARA : ciri safir ini warnanya kuning seperti warna buah papaya matang.Safir ini starnya redup (neon ).Biasanya safir ini kristal dan bening kekuningan.Safir ini sangat bagus dipakai oleh wanita..untuk mendatangkan rasa kasih bagi lawan jenisnya.Sangat baik untuk pasangan suami istri agar tercipta kerukunan dan ketentraman dalam berumah tangga.

*INDRA RAKSA  : ciri safir ini putih,kuning dan sedikit ada warna hitamnya.Warna starnya biasanya kuning emas.Safir ini biasanya kristal.Serat bulu ayamnya sangat jelas dan berbentuk seperti jaring laba laba. Kemilau starnya biasanya terlihat di dalam dan warnanya kuning keemasan.Safir ini cocok di pakai oleh siapa saja.Pemilik safir ini selalu terlindungi dari mara bahaya dan bencana.Ilmu hitam dan sihir tidak akan bisa menembus pemilik permata ini..Dan masih banyak fungsinya sesuai energy pemakainya.Safir ini tergolong langka.Jadi harganya pasti mahal.

*TRI DATU  : ciri safir ini putih kekuningan dan ada warna merahnya.Yang paling baik safir ini adalah yang setengah kristal.Inclusion warnanya biasanya sangat indah karna warnanya biasanya tidak opak.Safir ini sangat baik di gunakan para tokoh spiritual dan pemuka agama.Yoni spiritual pemakainya akan meningkat bila selalu di gunakan memuja Sang Hyang Widi Wasa  ( TUHAN )

*NAWA RATNA : ciri safir ini warnanya biasanya putih..namun yang menonjol dari safir ini terlihat inclusion warna pelangi di safir ini.Starnya biasanya star neon. Safir ini sangat tepat untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan emosi yang tak terkontrol. Juga baik untuk orang yang tidak memiliki rasa percaya diri .Baik untuk menentramkan emosi berlebihan pemakainya.Membawa kedamaian dalam jiwa saat mengalami kegagalan dan kesedihan.


*RATNA SWALA : ciri safir ini warnanya putih kebiruan seperti warna langit.Biasanya safir ini agak kristal.Jarang ada yang benar2 kristal.Kalaupun ada harganya pasti mahal.Serat bulu ayamnya sangat jelas.Safir ini baik di pakai oleh para pemimpin atau tokoh masyarakat…karena membawa aura kesejukan dan kedamaiaan ke semua orang.

*CIWA DEWATA : ciri safir ini putih ada warna hitam,merah,kuning dan biru mudanya.Serat bulu ayamnya sangat indah..tertata rapi.Star bintangnya tajam dan berwarna putih keemasan.Safir ini kristal dan bening.Safir ini termasuk yang paling indah dan langka.Fungsi safir ini baik untuk segalanya.Fungsinya akan muncul sesuai aura dan yoni pemakainya.

* CEMPAKA WILIS / RATNA BANYU    : ciri safir ini warnanya putih kehijauan ( ada juga yang hijau seperti hijau daun ).Star bintangnya redup (neon)ada juga yang tajam starnya bintang enam.Jarang ada yang Kristal….Safir ini baik di pakai siapa saja.Membawa rejeki dan kemudahan bagi pemiliknya.

*RATNA CEMPAKA : ciri safir ini warnanya putih ,ditengahnya ada warna hitam kemerahan.Safir ini cocok dipakai para penekun ilmu gaib dan sihir.Energi gaibnya mampu melindungi pemakainya dari serangan musuh yang tak terlihat.

*CEMPAKA RAMBUT SEDANA : ciri safir ini warnanya ada yang putih dan juga yang kuning.Ciri khusus safir ini terlihat inclusion rambut berwarna hitam.Kadang ada juga yang berwarna kuning keemasan.Starnya biasanya redup ( neon )Kadang ada juga yang star bintang enam. Safir ini termasuk jarang di temukan.Safir ini baik untuk segalanya…dan cocok dipakai oleh siapa saja.Yoni safir ini akan muncul sesuai dengan yoni pemakainya.Bila pemakainya seorang pedagang maka rejeki akan selalu mengikutinya.Bila pemakainya seorang pejabat maka dia akan disayang dan dihargai pemimpinnya.

*CEMPAKA SUNGSANG : safir ini ada yang warnanya putih atau kuning.Biasanya kristal.Sternya bintang enam dan tajam.Ciri yang paling menonjol dari safir ini bayangan di depannya akan terbalik. Kalau di BALI disebut Nyungsang.Kegunaan safir ini sebagai pelindung atau penangkal dari bahaya serangan ilmu hitam,tenung dan sihir.Menghindarkan kita dari bencana dan petaka.Bila pemakainya terancam bahaya safir ini akan meredup dan kusam.Saat bahaya lewat safir ini akan kembali seperti biasa.Safir ini baiknya dipakai sebagai cincin. ( cara melihat terbalik atau nyungsang permata ini gunakan cahaya api ( korek api),Bila terlihat ada dua sinar api berlawanan arah maka batu itu 100% sungsang.
  
 Draft permata ini Cuma sebatas gambaran dalam bentuk tulisan…untuk memudahkan bagi anda yang ingin mencari batu permata diatas. Satu hal yang perlu saya garis bawahi….nama2 permata ini di buat oleh para leluhur masyarakat BALI jaman dulu..( asli standar nama internasionalnya sudah saya tulis diatas)..dan untuk harga batu permata …relative sekali..!!! Jadi saran saya bila anda ingin memliki salah satu permata …bertanyalah pada yang mengerti dan faham di bidangnya..! Selalulah anda berintraksi, sharing dengan sesama penggemar batu permata dan para perajin permata. Saya jamin anda akan menjadi seorang penggemar permata yang profesional. SALAM GEMS LOVER…

   SALAM :   I MADE NOPERIYANTO HADI PURNAMA.